Thursday 25 December 2014

KOMPUTER BUKTI PERUBAHAN ZAMAN

Komputer salah satu barang elektronik canggih yang memilki banyak keunggulan dengan berbagai program yang disediakan oleh microsoft maupun penyedia aplikasi berbasis java atau yang lain. Komputer memilki banyak fungsi seperti memasukan dan mengolah data, membuat laporan, mengerjakan pekerjaan kantor, bermain game, menonton video, membuat gambar, dan lainnya.

"KOMPUTER BUKTI PERUBAHAN ZAMAN"

Tapi taukah anda komputer sendiri tersusun dari berbagai macam data yang berjumlah ribuan bahkan jutaan, sehingga membentuk sebuah sistem yang disebut operating system atau OS. OS ini lah yang diciptakan oleh pihak microsoft sejak tahun 90-an. Sebuah kecanggihan masa depan yang nyata bisa dibuktikan dengan berbagai hasil barang elektronik yang selalu berhubungan dengan proses kerja komputer. Komputer memang suatu system yang dapat di set sesuai keinginan, menciptakan suatu IPTEK yang bermanfaat bagi umat manusia.

Sejarah komputer pertama kali dibuat oleh ENIAC. Komputer ENIAC merupakan komputer pertama yang memiliki bobot 30Kg. Tersususn dari banyak kabel panjang, memiliki tinggi 2,4 meter dan membutuhkan daya listri 174 kilowatts.

Sebelum ditemukan komputer ENIAC ini, ilmuan asal New York Vincent Atanasoff membuat kalkulator analog. Awal dari dia menemukan jalan buntu ketika menghitung dengan kalkulator mekanik. Akan tetapi tidak berhenti di situ Atanasoff ingin membuat komputer digital. Dan pada tahun 1939 ia bersama Berry berhasil mewujudkan komputer perta yaitu komputer ABC. Hingga akhirnya projek komputer ini diambil alih oleh Mauchly yang berhasil membuat komputer ENIAC. Memang sejarah komputer sangatlah panjang, akan tetapi komputer memang sudah membuktikan keunggulannya dari hanya sebuah komputer dan kini menjadi barang yang lekat dengan masyarakat.

Kali ini saya akan mengajarkan cara mematikan laptop secara otomatis. Ini juga salah satu kecerdasan yang dapat kita buktikan. Dengan hanya membuat perintah command pada sistem kita dapat men set komputer agar mati dengan sendiri. Karena terkadang kita terlalu asik mengerjakan tugas kantor dan lupa mematikan komputer.
Adakah cara gak ya biar laptop mati sendiri?? eh ternyata ada. Untuk mematikan laptop secara otomatis caranya sangat gampang. Silahkan dibuktikan sendiri jika tidak percaya. Lihat langkahnya di bawah ini :

1. Buka Run dengan cara Klik Start - ketik Run. Ok atau dengan tombol kombinasi Windows + R


2. Setelah itu ketik shutdown.exe -s -t 3600 untuk mematikan laptop dalam waktu 1 jam.


Jadi begitulah cara mematikan laptop secara otomatis. Tapi jika kalian ingin membatalkan perintah shutdown, caranya gampang tinggal ketikkan shutdown.exe -a pada program CMD. Caranya mudah kan, cukup sekian tutor kali ini.

Ini membuktikan bahwa kemampuan komputer memang diset sedemikian rupa untuk dapat membantu kerja manusia. Berawal dari sebuah kalkulator kecil kini komputer menjelma menjadi sesuatu yang bisa diandalkan di jaman modern ini. Sebagai umat manusia memang wajib mengikuti perkembangan jaman, Jangan hanya diam melihat perubahan, Jadilah orang yang merubah dunia tersebut.

Masih banyak kecanggihan komputer yang mungkin kita belum tau, asal kita belajar pasti bisa. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sekedar info bagi pembaca.

No comments:

Post a Comment