Wednesday 24 December 2014

CARA MENGATASI LAPTOP YANG SERING MATI MENDADAK

Kendala laptop yang sering dialami para pengguna laptop adalah seringnya laptop yang tiba-tiba mati sendiri. Kadang mereka berfikir laptop mereka mengalami kerusakan atau perlu instal ulang lagi. Tapi sebenarnya tak perlu melakukan hal seperti instal ulang lagi karena itu sungguh merepotkan dan mahal. Alasanya laptop mendadak mati itu karena laptop biasanya mengalami gangguan tersebut ketika laptop sudah mengalami warm atau panas akibat terlalu banyak membuka aplikasi mengakiatkan "not responding", atau malah biasanya karena dalam laptop sudah kotor dan perlu adanya pembersihan.

Masalah ini biasa menyerang komputer pada bagian harddisk. Jadi perhatikan harddisk anda apakah komputer anda pernah mengalami benturan atau tidak. Ada beberapa cara mengatasi laptop yang sering mangalami mati sendiri. Simak cara memperbaikinya sebagai berikut :

Pertama

Hal yang paling simpel yaitu memberi kipas atau pendingin. Gunakan kipas laptop yang biasa saja yang penting anginnya kenceng. Tips memilih kipas yang bagus, tak perlu merk terkenal meskipun biasanya merk terkenal lebih awet dan tahan lama. Tapi jika hanya punya buget sedikit mending beli kipas yang gede. 1 lah gpp penting anginya kenceng. Itu tips pertama untuk memperbaiki laptop. Tapi jangan biyarkan laptop tetap seperti itu, takutnya bisa merusak komponen yang lain. Lebih baik gunakan cara kedua ini.


Kedua

Bersihkan laptop dengan cara buka laptop agan..ett tapi hati-hati bukanya kalau tidak bisa serahin aja ke yang ahlinya. Buka fhasing laptop bagian bawah. Ambil komponen RAM dan Harddisknya.
1. RAM
    Ambil RAM tersebut lalu bersihkan bagian kuning atau timah kuning dengan penghapus pensil yang bersih. Jangan gunakan air atau cairan pembersih, cukup dengan penghapus saja. Masukan ke komponen laptop seperti semula.

2. Harddisk
    Ambil harddisk dari laptop. Tapi hati-hati jangan dicabut sembarangan takut ada yg lepas. Caranya dengan menggeser harddisk kemudian baru diambil. Setelah itu lakukan pembersihan pada bagian timah kuningnya dengan penghapus pensil. Kalau sudah pasang kembali pada laptop.

    Tutup semua chasing laptop dan nyalakan kembali laptop. Kalau belum menyala berarti masih ada komponen yang belum terpasang benar di laptop kalian. Buka lagi dan pastikan agan telah memasang komponen RAM dan Harddisk dengan benar. Berhati-hatilah saat membongkar jangan sampai mencopot yang tidak perlu dilepas. Karena dapat berpengaruh dengan yang lain juga.

Akan tetapi jika hal diatas sudah dilakukan tetapi komputer masih sering mengalami mati sendiri. Ada kemungkinan besar ada yang rusak pada bagian harddisk. Harddisk memang bagian yang sering rusak, entah karena bad sector atau memang gagal operasi. Coba cek skavoltnya apakah sudah ada masalah atau tidak. Lakukan check harddisk. Baca artikel Fungsi Defragment Menjaga Performa Komputer

Jika memang masih terjadi mati mendadak coba diinstal ulang. Jika masih sering mati setelah diinstal ulang berarti ada kemungkinan piringan di harddisk memang sudah rusak. Saran saya ganti harddisk yang baru. Cari yang sesuai dengan spesifikasi komputer kalian.


No comments:

Post a Comment