Tuesday 17 February 2015

MENGATASI FILE HIDDEN AKIBAT VIRUS SHORTCUT

Virus adalah salah salah satu musuh terbesar para pengguna komputer maupun laptop. Kenapa begitu?? Ya emang begitu. Soalnya yang namanya virus dapat merusak file-file yang mungki  penting untuk menjalankan program dalam laptop. Pengalaman dimana file dokumen yang tersimpan di komputer ke hidden alias ngumpet gara-gara virus shortcut. Akibatnya dokumen  penting yang kalian simpan atau file kerjaan kalian bisa hilang akibat virus tersebut. Virus shortcut biasanya sering menyerang komputer yang berbasis windows. Oleh karena itu semua windows dapat terkena virus ini. 

Virus ini masih beruhubungan dengan virus trojan, yang penyebaranya sangat mudah. Trojan sendiri berasal  dari cerita kuda troya pada jaman yunani melawan kerajaan troya

Di internet sudah banyak cara mengatasi masalah-masalah ini, sudah banyak yang mengeluhkan permasalahan akibat virus shortcut. Tapi tidak usah khawatir, semua masalah ada solusinya. Satu hal yang kalian ingat ketika virus ini terjadi, jangan masukkan flashdisk yang terinfeksi kedalam komputer ketika AntiVirus PC sedang aktif seperti avira, AVG, Vipre, Avast, atau yang lainnya. Kecuali Smadav, karena ini satu-satunya antivirus yang menangani masalah virus ini. Jadi matikan dulu antivirus kalian jika memang file dalam flashdisk ingin di selamatkan. Selain menggunankan Smadav, ada cara lain mengatasi masalah hidden akibat virus ini. Silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Nah disini ane pengen ngasih sedikit ilmu yang mungkin bermanfaat bagi kalian nih. Cara mengatasi file hidden akibat virus shortcut. Monggo disimak :)

Langkah-langkah :
1. Buka program Run engan mengklik Windows+R atau dengan klik start-ketik run. lalu enter.
2. Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut.

3. Ketikan CMD. lalu Enter.
4. Ketika  muncul tampilan CMD lalu ketik driver dimana file itu ke hidden. Misal file yang ke hidden di drive D. Maka ketik aja D:  kemudian enter.
5. Setelah itu ketikan atrrib -s -h /s /d *.* .Seperti gambar berikut :




6. Lalu klik Enter. Tunggu hingga prosesnya selesai.


Nah file kalian yang ke hidden insaallah pasti udah kembali.

CARA LAIN YANG DAPAT DIGUNAKAN

Selain itu dalam mengatasi file hidden ini juga dapat  menggunakan antivirus smadav. Antivirus ini memang disediakan untuk mengatasi virus shortcut dan file yang ke hidden akibat virus trojan. Caranya kalian hanya perlu menscan folder yang berisi virus shortcut dan file hidden tersebut. Tunggu hingga selesai dan klik fix untuk memperbaiki.


Untuk mengatasi virus ini sebenarnya susah, karena untuk komputer yang terinfeksi sudah menjadi inang virus tersebut. Mudahnya virus ini berkembang menyebabkan flashdisk yang masuk dalam komputer yang terjangkit menjadi langsung terinfeksi. Saran saya sih jangan sembarangan nancepin flashdisk di komputer manapun, untuk antisipasi tentunya dengan memasang  antivirus pada PC kalian.

No comments:

Post a Comment