Wednesday 18 February 2015

PERBEDAAN AMD RADEON DAN NVIDIA GEFORCE


AMD dan NVIDIA adalah penyedia grafis yang sama-sama memiliki kelebihan masing-masing dimana semuannya sangat memiliki peran penting dalam menjalankan komputer. Apalagi untuk mereka yang sangat gemar baermain game dan desain grafis untuk pengeditan gambar atau video. Hal ini sangat dibutuhkan dalam menunjang performa agar maksimal. Untuk itu mari kita bahas satu persatu.

APA ITU VGA??
VGA (Video Grapichs Adapter) adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pada tahun 1987 oleh IBM. Meski standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer.Tampilan windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA, dan masih dipakai oleh produsen komputer dan kartu grafis. Seperti AMD dan Nvidia.

AMD atau Nvidia yang terbaik???

AMD (Advanced Micro Devices, Inc) adalah perusahan pengembang perangkat komputer mulai dari prosessor, VGA, dan lain-lain yang berhubungan dengan komputer. Perusahaan ini berada di California, Amerika Serikat. Salah satu produk yang sering kita jumpai dan tidak ating adalah teknologi ATI. Dimana teknologi ATI ini mengembangkan berbagai perangkat pendukung performa komputer. Sedangkan Nvidia Corporation adalah perusahaan penyedia kartu grafis, prosessor, dan  alat-alat komunikasi untuk kepentingan pribadi berbasis Nvidia. Produk yang saat ini terkenal yaitu Geforce. Seri Geforce ini sudah banyak digunakan banyak orang untuk bermain game komputer. Markas perusahaan ini juga berada di California, Amerika Serikat.

AMD memiliki kelebihan sendiri dan begitu pula dengan NVIDIA yang selalu memberikan yang terbaik untuk konsumen meraka. AMD memiliki produk unggulan yang sering kita jumpai di pasaran yaitu Radeon. Sedangkan NVIDIA memiliki Geforce sebagai produk unggulan mereka. AMD Radeon sangat menunjang system grafis dalam audio dan cocok untuk memaikan game. Tapi produk NVIDIA memiliki kelebihan juga dalam segi grafis yang mendukung dalam pengeditan video dan game. Menurut SAYA dalam bermain game NVIDIA lebih memberikan tampilan yang bening dan cerah dibanding AMD yang lebih mendukung dalam hal audio. Karena untuk sekarang banyak game yang mendukung kedua grafis tersebut. Tapi antar AMD dan NVIDIA bagi saya adalah vendor yang sama-sama luar biasa. Dua produsen ini sama-sama tidak mau kalah dalam memberikan yang terbaik untuk konsumennya. Jadi sebenarnya terserah kalian mau pilih yang mana. Kalau saran saya sih sesuaikan dengan kebutuhan, berdasarkan pengalaman saya Nvidia memang memberi performa yang lebih dalam segi gamingnya. Untuk ukuran standarnya untuk editing grafis AMD juga baik.

Dalam segi harga kedua type ini sangat bersaing di pasaran. Tetapi itu semua sepadan dengan hasil yang didapat. Sesuaikan budget kalian jika ingin memilih mana yang akan dibeli.

AMD dan NVIDIA biasa dipasang di bagian VGA pada MotherBoard. Akan tetapi sekarang VGA pada komputer atau laptop memiliki 2 Slot yaitu Pcl dan AGP. Sehingga untuk memasang VGA ini sangat perlu diperhatikan slot VGA yang terpasang di laptop kalian.  Jangan sampai ketika kalian beli VGA baru malah gak bisa dipakek gara-gara tidak pas dengan MotherBoard. Jadi check dulu kalau mau beli VGA AMD atau Geforce. Kalau gak bisa minta temen kalian yang paham komputer untuk ngcek slot kalian.

Dalam pemilihan VGA pendukung ini sebaiknya kalian sesuaiin dengan kebutuhan. Misal kita suka maen game yang memiliki grafis yang cukup cepat dan bening, cobalah tanya pada penjualnya tentang perbandingan type seri VGA yang ditawarkan. Tapi liat dulu kantong kalian jangan sampek pas sampai took gak cukup tu isi kantong kalian.hehe…Tapi yang jelas kedua produsen VGA ini selalu memberikan yang terbaik untuk skala pasaran yang dibutuhkan para pengguna notebook dan netbook. Sekian penjelasan tentang AMD Radeon dan NVIDA Geforce



16 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Kalau ane sih lebih suka pakai amd, walaupun relatif mahal tapi puas memakainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, saya juga pakek AMD. Tergantung kebutuhan kita dan budget kita.hehe :)

      Delete
  3. Kalo main game berat kaya gta 5 atau dll untuk grapic ultra pake VGA apa enaknya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Radeon RX 560 atau Geforce GTX 1050 udah cukup kok main GTA V dengan settingan medium di resolusi 1080p.

      Delete
  4. bgsnya Nvidia Gtx 980 atau gk 1050 TI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua bagus untuk gaming. Tp mnrt saya bagus gk 1050 TI. Untuk boost clock dan memori speed lbh baik timbang yg 980

      Delete
  5. Mau nanya kali untuk design grafis yg cocok apa yah AMD Radeon atau nividio geoforce

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lebih nyaman menggunakan nvidia dalam editing grafis

      Delete
  6. Maaf min.
    Itu kepanjang VGA bukannya VIDEO GRAPHIC ADAPTER y ??

    ReplyDelete
  7. untuk full autocad bagusnya amd ya? kalo pke nvidia itu gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amd dan nvidia sama sama bagus untul full autocad. Tapi saya condong ke Nvidia dalam fungsi pembuatan grafis maupun pengeditan grafis.

      Delete