Monday 24 March 2014

FUNGSI DEFRAGMENT MENJAGA PEFORMA KOMPUTER

Hai sobat bloger,posting kali ini saya mencoba ngasih tips perawatan komputer yang simple. Walaupun simple tapi sangat penting. Kalian yang sering otak atik komputer pasti mengenal yang namanya defragment. Tapi kalau bagi pemula yang belum tau,sekarang harus tau nih. Defrag fungsinya memperbaiki susunan file atau bahasa jelasnya mengatur semua aplikasi agar komputer dapat berjalan lancar nih. Anda gak mau kan komputer sobat lemot kayak siput sedang lomba. Pastinya tidaklah karena cuma buat bosen nunggu. 

APA ITU DISK DEFRAGMENT DAN APA FUNGSINYA???



Disk defragment adalah program yang digunakan untuk menyusun kembali file-file yang sudah diinstall agar computer tidak mengalami boot sector. Program ini sudah disediakan oleh OS tinggal kita melakukan disk defragment ini secara berkala. 

Fungsi defrag ini untuk menjaga kestabilan PC dan keadaan harddisk karena defragment mampu men fix kan boot sector dalam harddisk atau eror program akibat dari susunan yang tidak teratur. Ini seperti kita menyusun tumpukan berkas kerja kita selama setaun, apabila tidak kita tata dengan rapi maka dapat menjadi berantakan. Sama halnya dengan fungsi defrag ini dimana file yang kita install, kemudian file yang kita pindah atau copy ke harddisk yang lain tentunya dapat meninggalkan sedikit file atau registry yang masih tersisa. Maka fungsi defrag ini menyusun kembali file yang terpisah-pisah tersebut. Agar nantinnya tidak menimbulkan kemacetan / hang pada PC. 


Defrag ini sebaiknnya sering dilakukan setiap 1 bulan sekali, dan juga setelah install aplikasi. Supaya file yang sudah diinstal dan baru diinstal tidak berpencar-pencar.

Biasannya defrag yang baik memerlukan waktu yang lama dalam prosesnya agar saat penyusunan file-file tersebut dapat maksimal. Dan diusahakan saat melakukan system defrag ini, semua aplikasi harus dimatikan. Agar tidak mengganggu prosesnya. Jangan melakukan apa-apa, jangan membuka aplikasi apapun. Just wait for a minute… 

Sebelum defrag dilakukan, program defrag sering melakukan analisis terlebih dahulu, disusul melakukan optimalisasi setelah selesai analisis.
Secara umum defrag dapa dilakukan sebagai berikut.

Langkah Defrag :
1. Buka jendela explore

2. Kemudian pilih driver C: ,klik kanan lalu pilih properti.kayak gambar di bawah nih




3. Lalu akan muncul seperti gambar,dan pilih tool lalu optimize


4. Lalu muncul kotak dan pilih analyze,dan kalau sudah selasi lakukan lagi dan pilih optimize


Untuk setiap system OS memiliki tampilan defrag yang berbeda saat program dijalankan. Sebagai contoh pada Windows XP, saat proses defrag ditunjukan dengan garis berwarna merah, biru, hijau, putih. Merah adalah file yang tidak tersusun secara rapi. Biru adalah file yang kita simpan di harddisk. Hijau adalah unmoveable files / file yang tidak dapat dipindahkan. Putih adalah ruang yang masih kosong pada harddisk.

Sedangkan dalam windows 7 defrag ditunjukan dengan kotak kotak kecil yang tersusun dari file yang terinstal atau yang digunakan dalam harddisk. Pada windows 8 sama, hanya menunjukan analisis persennya. Apapun itu pastinya defrag ini fitur yang diberikan OS agar kita mampu memaksimalkan kinerja PC
Itulah sedikit tentang fungsi defragment pada harddisk.




No comments:

Post a Comment