Wednesday 9 March 2016

5 ALASAN KENAPA HARUS MENJAGA KOMPUTER TETAP BERSIH


Elektronik adalah suatu rangkaian dari komponen yang bisa bekerja jika ada daya listrik dan dapat menghasilkan suatu rangkaian yang disebut barang elektronik.  Barang elektronik adalah suatu barang yang rentan terhadap usia. Apalagi jika tidak pernah dirawat akan lebih mudah rusak dari pada barang yang selalu dirawat. Barang elektronik yang sering kita jumpai seperti Televisi, Radio, Speaker, dan lain-lain. Tapi disani saya akan membahas masalah komputer, dimana barang ini termasuk barang yang mahal dan mudah rusak jika kita tidak bisa merawatnya

Debu adalah benda yang tidak terlihat tapi dapat menyebabkan suatu yang fatal di benda elektronik. Seperti komputer, benda ini rawan sekali terkena masalah akibat debu. Dan inilah 5 alasan kenapa kita sangat perlu memperhatikan hal yang sepele ini, bahkan hingga sedetail mungkin. Mari kita bahas satu persatu.

      1. Mengurangi resiko konslet
Konsleting listrik tidak hanya disebabkan oleh air, tapi debu juga dapat menyebabkan terjadi konsleting listrik. Walaupun debu memliki struktur atom yang sangat kecil tapi jika berkumpul jadi satu dapat membentuk partikel yang dapat menghantarkan listrik. Sehingga seringlah membersihkan komponen-komponen komputer.

          2. Menambah tekanan panas saat Booting
Banyaknya debu dapat menyebabkan CPU komputer cepat bertambah panas, sehingga dapat merusak komponen komputer.

3    3. Menjauhkan komputer dari serangga kecil
Komputer yang kotor dapat menjadi sarang serangga kecil seperti semut, atau serangga kecil lainnya. Serangga kecil dapat bersembunyi dibalik lubang komponen hardware, dan dapat menutupi jalan listrik. Bahkan dapat merusak jaringan kabel dalam komputer.

4    4. Menambah Performa dalam Kinerja Komputer
Mungkin sedikit yang menyadari kalau barang elektronik yang terawat kebesihannya lebih dapat memberikan kinerja lebih baik dari pada barang elektronik yang using penuh debu. Seperti halnya rantai yang kotor. Rantai kotor dapat membuat jalannya rantai menjadi lambat. Berbeda dengan rantai yang selalu dibersihkan, akan lebih membuat jalannya rantai menjadi lancer. Jadi jika ingin kinerjannya lancer ya harus sering dibersihkan.

5    5. Agar komputer awet
Komputer dapat memiliki usia yang lama jika kita tahu cara merawatnya. Karena barang ini mudah rusak jika dibanting atau terkena air, bahkan debu dapat mengurai barang ini. Tapi jika kita dapat menjauhkan dari masalah itu semua, kemungkinan besar barang yang kita miliki juga akan memiliki usia yang panjang.

Jadi debu menjadi faktor utama penyebab umur komputer tidak lama. Sebenarnya masih banyak hal-hal yang dapat menyebabkan komputer mengalami kegagalan dalam beroperasi. Jadi rajin rajinlah membersihkan komputer agar lebih barang tersebut tidak mudah rusak.

No comments:

Post a Comment