Saturday 19 March 2016

CARA MASUK BIOS SAMSUNG DAN FUNGSI MENU BIOS




Mengenal BIOS. Apa sih arti BIOS?? Banyak orang yang sering membaca kata BIOS saat mempelajari masalah komputer. BIOS adalah (Basic Input Outpu System), yang artinya system atau software yang mengatur kerja dasar sebuah hardware, atau bisa dikatakan sumbernya. BIOS terdapat pada chip memory yang biasa tertempel pada motherboar berbentuk kotak. Sehingga BIOS ini sangat penting dengan kata lain pemberi instruksi untuk setiap perangkat. Cara masuk setiap BIOS dalam PC berbeda-beda, baca artikel Cara Masuk konfigurasi BIOS pada PC … Nah artikel ini membahas Setup BIOS yang ada di laptop/PC Samsung. Perhatikan gambar system BIOS dibawah ini.


System Time dan System Date menunjukan waktu dan tanggal pada laptop. Bisa di set setelah masuk ke windows. Sistem waktu dan data dalam komputer bisa bertahan karena ada baterai kecil yang dinamakan CMOS (Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor) yang berada pada Chip memory sehingga settingan pada komputer tidak akan berubah walaupun telah dimatikan.
SATA (Serial Advance Technology Attachment) penghubung perangkat penyimpanan pada HDD, Port ini menjelaskan type SATA yang terpasang pada laptop. Kemudian ada CPU Vendor dan CPU Type adalah model Prosesor. Prosesor sendiri adalah otak atau bisa disebut komponen utama dalam system Komputer. Ada beberapa merk penyedia prosesor yang sering kita jumpai bersaing di kancah perkomputeran yaitu AMD dan Nividia.
Lalu ada CPU Speed yang menunjukan kecepatan prosesor berjalan biasa ditulis dengan GHz singkatan dari Gigahertz. Misal CPU Speed menunjukan 2.70 GHz, artine kecepatan prosesor untuk melakukan kinerja sebesar 2.7 , semakin besar angka GHz maka kinerja Komputer juga semakin cepat. Mungkin bisa jadi bahan pertimbangan juga saat kalian ingin membeli sebuah komputer atau laptop dengan melihat prosesor dan kecepatan prosesor berjalan.
Setelah itu ada BIOS dan MICOM Version yang menunjuka kode versi BIOS yang terpasang.


Pada bagian advance di Mode BIOS. Terdapat beberapa menu yaitu NX bit yang artinya No Execute Bit yang sifatnya membantu prosesor untuk menjaga PC dari serangan malware / perangkat lunak yang sifatnya merusak  dan berbahaya. Untuk lebih mengetahui fungsi utama NX baca artikel (PentingnyaNX, PAE, dan SSE 2  untuk Windows 8)
Fast BIOS Mode, mode ini digunakan untuk menyingkat atau men skip saat booting. Sehingga waktu yang digunakan untuk membaca perangkat USB terlewati dan mempercepat proses booting.
AHCI Mode Control digunakan ketika OS atau Operating System adalah Microsoft. AHCI sendiri singkatan dari Advanced Host Controller Interface. Pengaturan AHCI enable atau digunakan ketika OS yang digunakan adalah windows Vista / 7 / Windows 8 / yang lainnya. Sedangkan jika OS kita adalah windows XP maka settingan AHCI akan disable atau tidak digunakan.
Battery Life Cycle Extension Enable maksutnya sistem akan mengisi baterai hingga 80% untuk  memperpanjang daya tahan baterai. Sedangkan Disable maksutnya system akan mengisi baterai hingga 100%.
USB S3 Wake-Up nah system ini digunakan untuk menghidupkan kembali komputer yang sebelumnya setengah mati dengan menekan tombol Wake Up pad Keyboard.
UMA Frame Buffer Size. UMA ini berfungsi untuk pemindahan blok memori, memberikan tampilan PC lebih baik, mendukung system grafik., dan memaksimalkan memori yang masih kosong.
Purchased Date menunjukan waktu saat anda membeli PC atau laptop tersebut.



Security setup di BIOS disini berfungsi untuk melakukan proteksi terhadap bios dengan memasang password, sehingga hanya user/pemilik yang dapat masuk system bios.



BOOT System pada BIOS Samsung digunakan jika kalian ingin melakukan perubahan pada system windows kalian. Entah mau install ulang atau mengganti system pilihan Boot yang dipakai. Beberapa pilihan dalam menu BOOt ini antara lain “Boot Device Priority” untuk memilih system yang dipakai.
Kemudian ada “Touch Pad Mouse” berfungsi untuk pengganti dari Mouse penggerak kursor, biasa digunakan pada laptop. Lalu UEFI Boot Support, UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) digunakan untuk mengoptimalkan kerja hardware.

Menu yang terakhir adalah Exit. Berisi perintah apakah kita mau menyimpan atau tidak perubahan yang kita lakukan di BIOS.

Nah sekian mungkin yang bisa saya jelaskan. Semoga ilmu yang sedikit ini bisa membantu para pembaca untuk paham masalah BIOS.

No comments:

Post a Comment