Thursday 10 March 2016

8 ALASAN KENAPA KOMPUTER/PC TERASA LEMOT.



Bila kalian ditanya pernahkah laptop atau komputer anda menjadi terasa berat dan lemot saat membuka aplikasi!?

Sebagian besar pasti akan menjawab pernah.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa setiap barang elektronik khususnya komputer akan mengalami penurunan performa dalam waktu yang berkala. Faktor usia juga sangat berpengaruh dengan kondisi tersebut. Perangkat yang ketinggalan jaman tentunya tidak sebanding dengan perkembangan sistemnya yang semakin baru.

Alasan kenapa komputer anda terasa lambat tentu selalu ada sebabnya. Pastinya ini akan sangat membuat kita tidak nyaman.

Biasanya masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti memori yang mulai habis. Kemudian juga RAM komputer yang tidak sesuai dengan spesifik komputer, recycle bin yang penuh, registry yang eror, terlalu banyak aplikasi yang terinstal dan tidak terpakai, akibat penyebaran virus, performa komputer yang mulai menurun, dan factor lainnya.

Banyak keluh kesah yang selalu mengatakan komputer ini sudah rusak, atau mungkin langsung minta di install ulang agar semua sistem jadi baru lagi.

Kita harus lebih tau dulu masalahnya apa. Ada beberapa penanggulangannya sebelum melakukan install ulang. Walaupun kenyataannya dengan instal ulang memang terbukti membuat komputer terasa lebih cepat.

Faktor utama yang jelas adalah banyaknya aplikasi yang terinstall. Banyaknya aplikasi yang tidak diperlukan dan jarang dipakai memang membuat komputer akan terasa berat dalam melakukan proses.

Pertanyaan yang sering kita lontarkan ketika mengalami masalah yang satu ini. "Kenapa sih kok bisa lemot gini??"


Dari spekulasi di atas maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum akhirnya memutuskan untuk menginstall ulang.

1. Mengecek Memori
Memori penyimpanan dalam komputer sangat berpengaruh penting dalam proses pengoperasian komputer. Alasannya semakin kecil memori komputer maka daya simpan komputer itu juga semakin sempit.

Sama halnya dengan sebuah HP Android semakin besar aplikasi yang digunakan maka semakin berat untuk menjalankannya. Jadi solusinya hapuslah file/aplikasi yang kiranya sudah tidak dipakai lagi atau mungkin file yang terlalu besar seperti film.


2    2. RAM tidak cocok dengan spesifik komputer
RAM atau Random Access Memory, inilah yang sangat mempengaruhi kinerja komputer saat berjalan. Fungsingnya tentu agar komputer tidak terasa lambat, terutama saat bermain game yang membutuhkan kapasitas RAM yang besar. Dan biasanya komputer dapat ditambah RAMnya sesuai kebutuhan pengguna.
Akan tetapi hal yang salah dan sering dilakukan pembeli tidak menyesuaikan dengan spesifikasi komputer yang ia miliki.

Misal motherboard hanya mampu menahan hingga 4GB, tetapi dipasang hingga melebihi batas kemampuan. Hal itu dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat.

Kesalah kedua yang dilakukan adalah tidak menyesuaikan merk atau jenis RAM yang lama, missal RAM pertama bermerk A, kemudian RAM kedua bermerk B. Maka al hasil RAM A dan RAM B bisa dikatakan tidak cocok. Menyebabkan komputer menjadi lambat.


3. Recycle Bin Penuh
Recycle Bin adalah tempat pembuangan sementara file yang kita hapus. Perlu diketahui bahwa file yang kita hapus sebenarnya belum selamanya terhapus atau hilang. File tersebut masuk kedalam pembuangan sementara dalam penyimpanan memori.

Jadi memori GB dari file yang kita hapus akan tetap ada kalau file sampah itu masih ada di recycle. Kalau file ini tidak dihapus maka sama saja halnya dengan menghabiskan memori.

Sehingga hal yang perlu dilakukan adalah menghapusnya secara permanen dengan mengklik kanan mouse dan pilih Empty Reycycle Bin.


      4. Registry Error
Konfigurasi yang terinstall di komputer, itulah yang disebut registry. Dimana fungsinya mengatur hardware dan software berjalan. Ketika registry yang terinstall dalam komputer mengalami gangguan entah dari virus atau eror, maka kinerja komputer dapat menjadi lambat.

Untuk memperbaiki hal itu perlu menginstall Utility atau Tune Up yang bisa kalian dapat dari internet. Jadi cobalah memasang aplikasi ini dulu untuk mengeceknya.

Lakukan Tune Up dalam jangka waktu yang berkala.


   5. Terlalu banyak aplikasi
Jangan terlalu sering menginstall aplikasi yang tidak jelas, entah dari internet atau yang lain. Karena banyaknya aplikasi yang tidak berguna dapat memperlambat kinerja komputer.

Jadi installah aplikasi yang sekiranya penting-penting saja. Dan hapus aplikasi tidak berguna melalu Control Panel – Uninstall.


6    6. Virus
Ini lah yang sering dikhawatirkan oleh para pengguna komputer yaitu virus. Virus ini dapat berasal dari mana saja. Dari internet, flashdisk seperti virus Trojan, dan lainnya. Satu-satunya cara mengatasinya yaitu menginstall antivirus.

Bila memang kondisinya sudah sangat parah dan virus sudah menyerang pada bagian sistem, seperti menyebabkan bluescreen atau sering kita kenal layar berubah menjadi biru. Maka sebaiknya kita perlu menginstall ulang komputer.

Bila menggunakan antivirus dikhawatirkan akan menghapus file registry yang penting. Jadi akan sama saja hasilnya.


7    7. Peforma komputer menurun
Seringnya komputer digunakan tidak menutup kemungkinan menyebabkan kemampuan komputer menjadi menurun. Bisa disebabkan oleh hardware yang sudah mulai using dan perlu diganti. Jadi cobalah mengecek perangkat komputer terlebih dahulu.

Untuk beberapa komponen bisa diganti. Tetapi juga harus memperhatikan kemampuan atau tingkat kecocokan hardware yang akan diganti. Misalkan mengganti VGA pada komputer, maka perlu diperhatikan juga pada kesesuaian dengan motherboard.


8    8. Debu
Nah ini hal terakhir penyebab komputer terasa lambat. Hal sepele yang dapat menyebabkan kegagalan total dalam pengoperasian komputer. Solusinya ya selalu jaga kebersihan. Baca juga 5 Alasan kenapa kita harus menjaga komputer tetap bersih.


Jadi jangan anggap sepele masalah kebersihan PC anda apalagi tempatnya. Demikian sedikit yang bisa saya ulas tentang masalah ini. Semoga artikel ini dapat mengingatkan kita semua untuk memperhatikan hal kecil seperti halnya debu.



2 comments:

  1. Kalo keseringan install ulang ada efek sampingnya gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara teknis komputer yang diinstal ulang akan tetap berjalan normal, dan lebih lancar dari sebelum di instal ulang. Masalah efek sampingnya, saya rasa tidak. Sebaiknya untuk menjaga performa laptop/komputer perlu dilakukan perawatan sederhana, seperti pembersihan cache, dan registry. Cara paling mudah adalah melakukan clean up menggunakan aplikasi utilty. Silahkan baca artikel inihttp://www.phoenix-bay.web.id/2014/11/cara-memperbaiki-harddisk-dengan-hdd.html

      Delete