Monday 14 March 2016

APA ITU PAE, NX, SSE2 DAN APA HUBUNGANNYA??

Komputer memang perangkat yang unik dan canggih. Keberadaan komputer sudah berkembang jauh dari abad 19. Yang tadinnya hanya sekedar kalkulator, kemudian komputer dengan begitu banyak kabel terpasang. Hingga kini hadir jenis komputer modern yang kita kenal PC (Personal Computer) dan juga Laptop. Perkembangan jaman memang tidak bisa dihindarkan, kitalah yang harus menyesuaikan diri dan mengikuti perkembangan tersebut. Salah satunya ya dengan belajar hal dasar mengenai komputer, mulai dari hardware, software, dan dasar-dasar penyusun komputer itu sendiri.
Prosesessor salah satunya, inilah inti utama penggerak sistem. Tanpa adanya ini komputer tidak akan berjalan dengan baik. Taukah kalian jika prosessor dibagi kedalam 3 type layaknya komputer. Yaitu prosessor kelas High-end, Mid-end, Low-end. Sudah banyak produsen yang mengembangkan produk ini. Didalam prosesor ada beberapa program / fitur yang diciptakan untuk menunjang kinerja komputer yaitu PAE, NX, dan SSE.


Apa sih PAE, NX, dan SSE2??? Lalu apa fungsinya??

PAE singkatan Physical Adress Extension, ini adalah software yang digunakan prosesor untuk dapat membaca semua meori yang terpasang dikomputer. Digunkana pula untuk prosesor versi 32 bit untuk mengakses 4GB memori pada versi windows.Sedangkan NX (No Execute),NX sifatnya membantu prosesor untuk menjaga PC dari malware yang berbahaya, atau perangkat lunak yang sifatnya mengancam. Lalu SSE2 (Streaming SIMD Extensions 2) sendiri adalah semacam set instruksi yang fungsinya mendukung aplikasi dan driver pada PC. Untuk melihat apakah PC sudah memiliki 3 hal tersebut gunakan aplikasi CoreInfo, download disini.

 

Lha trus apa hubungannya antara ketiga itu?? Apa pentingnya??
Membahas masalah penting ya pasti bisa dikatakan penting setelah membaca penjabaran diatas. Apalagi untuk system dengan OS windows 8 dan windows 10.Sebagai bahan pertimbangan, NX sebaiknya harus ada pada computer yang ingin memakai system OS windows 8. Pada kasus penginstalan windows 8, jika NX pada computer tidak aktif maka pada saat penginstalan secara otomatis NX akan aktif. Tatapi akan berbeda jika dalam perangkatnya tidak terdapat NX, maka proses instalansi tidak akan berjalan dan akan muncul peringatan bahwa prosesor tidak didukung NX. Untuk mengaktifkan NX harus masuk kedalam BIOS. Didalam BIOS kalian perlu mencari fitur NX/DX atau istilah lain seperti No Execute Memory Protect, Execute Disable Memory Protection, EDB (Execute Disable Bit), EUP (Enhanced Virus Protection), atau yang mirip seperti itu. Biasannya NX terdapat pada menu Security/Advanced.
Meski prosesor memiliki NX, prosesor PC juga harus dapat dioperasikan dalam mode PAE. Oleh karena fitur PAE ini juga sangat penting sekali untuk PC khususnya dengan OS 8 atau OS 10. Walau dalam kenyataannya PC dapat beroperasi dengan wsistem windws 7 belum tentu dapat berjalan dengan system windows 8 tanpa bantuan NX dan fitur PAE. Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi PAE yaitu digunakan untuk dapat membaca semua meori yang terpasang dikomputer. Akan tetapi jika hardware pada PC tidak mendukung maka sama saja tidak akan berguna. Jadi periksalah kemampuan PC dan juga prosesor kalian jika ingin mengupgrade windows ke versi yang lebih tinggi. Kemudian ada SSE2, yang fungsinya sebagai pendukung aplikasi dan driver pada PC. Biasanya jika PC sudah memiliki NX pasti juga didukung oleh SSE2. Untuk melihat spesifikasi PC kalian bisa baca CaraMelihat Spesifikasi Komputer

Secara khusus windows 10 64 bit memerlukan PAE, SSE2, dan NX. Jika tidak ada syarat tersebut maka secara otomatis akan menolak ketika diinstal windows 10. Jadi kesimpulannya belum tentu PC yang bisa memakai windows 7 dapat berjalan dengan baik menggunakan windows 8. Untuk memanfaatkan fitur NX prosesor harus dapat beroperasi dalam mode PAE. Sedangkan untuk PC yang memiliki NX pasti juga didukung oleh SSE2 SIMD.

No comments:

Post a Comment