Monday 28 March 2016

PENYEBAB BAD SECTOR DALAM HARDDISK


Bad sector adalah istilah dimana harddisk mengalami error pada bagian piringan HDD Storage. Banyak factor kemungkinan yang dapat mengakibatkan bad sector dalam harddisk. Misalnya saja benturan, mungkin kita biasa menganggap sepele ketika laptop kita mengalami benturan dengan benda keras walaupun itu cuma sebatas menyenggol, tapi tau kah anda bahwa itu dapat mengakibatkan dampak yang besar dalam jangka waktu yang panjang. Dan dapat berakibat fatal bagi harddisk tersebut.

Bad sector sendiri masalah umum yang sering dialami banyak computer, baik yang normal maupun yang sudah lama. Kerusakan bad sector ini akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Kita tidak dapat mencegahnya, Cuma dapat memperlambat proses kerusakannya.

Bad sector dibedaka menjadi 2 yaitu Phsycal Bad Sector dan Logical Bad Sector. Atau sering disebut Hard bad sector dan Soft bad sector. Hard bad sector diakibatkan oleh kerusakan fisik, seperti harddisk terlalu panas, terkena goncangan ketika harddisk sedang berjalanan atau masalah fisik lainnya. Kemudian yang kedua Soft bad sector diakibatkan oleh terjadinnya kesalahan ketika Error Correction Code (ECC) di bagian sector-sektor harddisk. Ini dapat diatasi dengan merestart ulang atau menghapus semua sector yang mengalami bad.

Di dalam fitur sebuah computer sudah di sediakan program yang berfungsi mengatasi bad sector. Yaitu Check disk dan Defrag Disk. Fungsi program ini menganalisa isi dari harddisk, menata ulang isi dari harddisk mulai dari aplikasi yang diinstal atau yang sudh di uninstall. Cara ini mungkin hanya berpengaruh untuk mengatasi Logical bad sector bukan Physical bad sector. Karena Physical bad sector hanya bisa diatasi dengan cara kehati-hatian si pemilik.
Check disk ini memang fitur yang sudah disediakan oleh Microsoft, akan tetapi chek disk ini membutuhkan waktu yang lama jika harddisk memilki isi yang cukup banyak. Jadi bersabarlah jika melakukan check disk.

Cara melakukan check disk dapat dilakukan sebagai berikut :
Buka MyComputer/Computer
Kemudian klik kanan, pilih bagian properties.
Pada submenu “Tools”, piih Check Now
Tunggu hingga proses selesai.

Untuk selanjutnya kalian dapat melakukan defrag disk, maksutnya untuk menata ulang isi sector di disk. Untuk lebih jelasnya dalam menangani masalah harddisk ini. Baca juga artikel terkail Fungsi Defragment Untuk Menjaga Komputer.
Komputer memang barang yang sangat rawan sekali rusak. Memang perlu ekstra hati-hati untuk menjagannya. Ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi masalah bad sector ini.

Tips Cara Mencegah Physical Bad sector :
Pastikan komuter kalian selalu dibersihkan, dan bebas debu / kotoran.
Belilah komponen hardware yang berkualitas.
Amankan computer dari konsleting listrik.
Berhati-hatilah saat membawa computer.
Jangan mematikan computer secara paksa / langsung memencet tombol power.
Gunakan power supply yang berkualitas baik.
Jangan timpa computer dengan barang berat.

Tips Cara Mencegah Logical Bad Sector :
Lakukan perawatan rutin dengan aplikasi Utility.
Gunakan jadwal pengecekan harddisk.
Gunakan antivirus yang baik untuk mencegah virus.
Jangan sembarangan menginstall aplikasi yang tidak jelas, khususnya dari internet.


Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri harddisk yang bad sector???
Jika computer mengalami booting yang lama.
Komputer terasa sangat lemot sekali.
Sering mengalami “Blue Screen”.
Komputer sering mati mendadak.
Komputer sering “Not Responding”

Untuk mengecek status harddisk dapat melakukan
Win+R
Ketik “wmic”
Diskdrive get status. Akan muncul pemberitahuan kondisi harddisk di CMD

No comments:

Post a Comment