Monday 28 March 2016

TIPS MENINGKATKAN PERFORMA DOWNLOAD IDM

Tips meningkatkan performa IDM dalam mendownload agar waktu yang kita perlukan dalam mendownload tidak terlalu lama. Menurut saya berdasarkan pengalaman, sebenarnya dalam mendownload ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, yaitu kuat sinyal jaringan modem, provider internet, aplikasi downloader, dan tentunya biaya internet yang dikeluarkan. Kenapa saya menyebutkan keempat faktor tersebut?? Pertama kuat sinyal karena ini sangat berpengaruh sekali, meski kalian mempunyai provider bagus akan tetapi daerah kalian tidak terjangkau jaringan provider alias tempat tinggal kalian di pedalaman maka sudah dipastikan kecepatan browsing dan download kalian bakal lemot. Bahkan parahnya bisa mengakibatkan gagal connect.
Lalu yang kedua adalah provider, provider yang memiliki kualitas  bagus biasannya juga memberikan layanan yang bagus pula dalam memberi kepuasan konsumennya. Saran dari saya cari provider yang memiliki kualitas bagus di daerah tempat tinggal anda. Misal sebagai contoh ditempat kalian provider A tidak menunjang kualitas dalam segi sinyal meskipun dalam layanannya sangat menarik, maka ganti provider yang memberikan kenyamanan dalam segi sinyal di daerah tempat tinggal anda. Mungkin provider B bagus dalam sinyal dan layanan menarik maka ganti ke provider kedua.
Biaya adalah masalah ketiga. Orang pastilah menginginkan kualitas bagus dengan harga yang murah juga. Wajarlah manusia memiliki pemikiran seperti itu karena kita adalah makhluk ekonomi. Jadi apa yang harus kita lakukan?? Berani mahal karena kualitasnya bagus. Murah karena biasa-biasa aja. Itulah kenyataannya. Jika ingin sesuatu yang berkualitas tentunya selalu ada harga yang setimpal. Saran saya jika kalian minim budget sih, cari yang promo-promo aja.hehe… ya gitulah ada kualitas yang selalu dibandingkan.
Nah ini masalah terakhir menurut saya, yaitu downloader yang dipakai. Kalau saya simpulkan dari download biasa menggunakan browser sama menggunakan downloader memiliki perbedaan yang signifikan sekali. Karena biasannya aplikasi downloader memang dikhususkan untuk mendownload jadi pastinya lebih mengutamakan downloadnya dari yang lain. Mungkin sebagai saran saya ya gunakan downloader yang sudah banyak digunakan dan terkenal missal download.
Nah kali ini saya memberi tip cara memaksimalkan kecepatan download berdasarkan pengalaman dan hasil percobaan saya. Kali ini saya menggunakan IDM (Internet Download Manager).
Cara 1
Buat model antrian dalam mendownload. Ini cara yang sering saya lakukan ketika saya ingin mendownload banyak file. Saya lebih suka membuat antrian download di IDM karena keuntungannya saya dapat tinggal tidur atau melakukan aktivitas yang lain. Tetapi kendalannya masalah terputus jaringan internetnya, maka dari itu kuat lemahnya sinyal dalam mendownload memang berpengaruh besar. Karena terkadang saat kita asik browsing internet sering putus gara-gara sinyal gak kuat. So, perhatikan masalah yang sepele ini.
Cara membuat antrian dengan cara pilih download later pada kotak download IDM saat muncul. Nantinya antrian akan muncul di Queues. Setelah punya ntrian download klik Start Queues pada pilihan menu diatas. Selesai tinggal tunggu saja.

Cara 2
Saya sering menambah pengaturan limit download speednya menjadi 9999999KByites/sec. Pengaturannya berada pada menu download speed limiter, setting. Mungkin memang tidak berpengaruh banyak tetapi setidak menambah batas kecepatan download menjadi maksimal, yang pentingkan usaha.hehe
Cara 3
Jika ingin lebih memaksimalkan kecepatan download dan downloader lebih focus dalam mendownload maka solusinya matikan browser kalian. Karena ketika kalian melakukan kegiatan mendownload sambil melakukan browsing, maka aktivitas internet juga terbagi dalam dua hal tersebut. Jadi matikan saja browser kalian jika ingin cepat menyelesaikan download lebih cepat.
Itulah beberapa tips yang saya gunakan untuk memaksimalkan kecepatan downloader. Baca juga Tips Memperkuat Sinyal Modem

No comments:

Post a Comment