Saturday 26 March 2016

PERKEMBANGAN DRONE SEMAKIN MARAK DIDUNIA


APA ITU DRONE???

Drone adalah sejenis pesawat remote control yang berfungsi sebagai pemantau dari ketinggihan. Sistem pesawat udara tanpa awak ini akan menjadi pertumbuhan terbaru di kalangan teknologi masa depan, tentunya dalam penerbangan. Berdasarkan berita terbaru dari website okezone.com FAA juga memprediksi bahwa 2,5 juta drone nantinya akan digunakan pada akhir 2016.

Bahkan di Amerika Serikat, FAA pada desember tahun lalu mengeluarkan aturan kepada para pemilik untuk meregistrasikan pesawat tanpa awak ini untuk didata. Syaratnya yaitu drone harus memilki berat antara 250gram hingga 25 kilogram. Drone ini akan diperkirakan naik dari hamper 2 juta menjadi 4,3 juta  pada tahun 2020. Sementara untuk jumlah drone sendiri diperkirakan akan melambung 600ribu hingga 2,7 juta unit.
Drone awalnya merupakan pesawat khusus untuk latihan militer sebagai sasaran tembak, dan juga digunakan untuk membawa senjata.. Akan tetapi perkebangan pesawat tanpa awak ini berkembang secara komplek dan rumit.
Kontrol pesawat drone memilki dua variasi penggunaan, pertam control melalui alat pengendali jarak jauh, dan variasi kedua, menggunakan program yang sudah diset  sehingga drone dapat terbang secara mandiri.
Militer sering menggunakan drone tidak hanya untuk sasaran tembak, tetapi juga untuk memantau daerah latihan atau operasional kerja. Hal ini menjadi memudahkan pihak militer untuk mengetahui kondisi.
Pesawat tanpa awak ini juga semakin banyak digunakan untuk keperluan sipil, seperti pemadam kebakan, pemeriksaan jalur pipa, hingga oleh stasiun televise local. Ini digunakan untuk hal-hal yang dianggap susah dilakukan oleh manusia, missal mengambil gambar dari ketinggian, memeriksa reruntuhan banguna.

Disisi yang lain drone ini juga sangat bermanfaat untuk perkembangan pertanian dan agrarian. Karena saat ini para petani sering menggunakan system pesawat tanpa awak ini untuk mendata luas tanah yang dimiliki, serta memantau hasil perkebunan. Yang uniknya petani juga menggunakan drone sebagai alat penyebar pupuk yang diterbangkan dari atas. Sehingga petani tidak perlu repot-repot lagi menebar pupuk di lahan pertanian yang berhektar-hektar.

No comments:

Post a Comment