Saturday 26 March 2016

TIPS MERAKIT KOMPUTER PERFORMA TINGGI


Merakit komputer sebenarnya susah-susah gampang, tergantung seberapa kalian mengetahui perangkat dan type-typenya. Saya disini juga masih belajar, makanya sedikit saya ingin membagi pengetahuan saya tentang dunia komputer. Komputer adalah perangkat elektronik yang tersusun dari berbagai macam perangkat baik Hardware maupun Software sehingga satu rangkain tersebut disebut komputer. Penyusun komputer sendiri yang paling utama adalah hardware, meliputi monitor, cpu, mouse, dan lainnya. Dari semua itu pemegang hardware utama yang menjalannya komputer adalah bagian CPU. CPU inilah yang berperan aktif atau sebagai otak dalam sebuah komputer. CPU adalah tempat meletakkan motor penggeraknya seperti VGA, Motherboard, Prosesor, RAM, Harddisk, Cooler. Sehingga isi CPU inilah yang menentukan type golongan komputer kita. Untuk itu dalam merakit komputer perlu diperhatikan 8 bagian yaitu :

  • Motherboard

  • Prosesor

  • RAM

  • PSU

  • VGA

  • HDD

  • Chasing

  • Cooler

Itulah 8 hal yang harus diperhatikan jika kalian ingin merakit komputer sesuai keinginan kalian. Akan tetapi jangan sembarangan untuk merakit komputer. Karena jika salah memilih komponen yang tepat atau sesuai dengan bagian-bagiannya dapat mengakibatkan kinerja komputer tidak optimal. Bukan mendapatkan peforma yang maksimal malah dapat membuat kalian menjadi jengkel akibat tidak bagusnya kinerja komputer tersebut. Lha trus apa yang harus diperhatikan saat merakit komputer sendiri?? Itulah pertanyaan setiap orang yang ingin mempunya komputer yang sangat diidam-idamkan, khusunya bagi pecinta game kelas berat. Kegagalan dalam proses perakitan tidak hanya membuat kinerja perangkat tidak optimal, bahkan dalam segi materil yaitu budget mengalami kerugian karena kesalahan dalam membeli perangkatnya. 

Sebenarnya dalam merakit komputer kalian harus merencanakan terlebih dahulu komputer yang seperti apa yang diinginkan, komputer seperti apa yang kalian butuhkan, dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan komputer yang saya inginkan?? Karena kendala pertama pastinya budget/ biaya. Karena pastinnya komputer yang bagus harganya pula pasti mahal. Dan bagaimana cara kita mendapatkan komputer yang bagus dengan budget yang murah?? Pastinya kalian harus merancang sendiri type motherboard, RAM, prosesor, dan lainnya agar dapat menentukan budget yang harus dikeluarkan seberapa besar. Akan tetapi faktor pengetahuanlah menjadi kendala dalam masalah ini, dan kita tidak punya waktu untuk memikirkannya. Sebenarnya jika kita mau belajar dasarnya pasti bisa. Mungkin disini saya mau meng-share sedikit yang saya tahu tentang merakit komputer. Untuk menambah sedikit pengetahuan sebagai dasar.

Langkah pertama untuk merakit komputer yang kalian ingnikan. Tentukan type komputer yang diinginkan!!! Misal komputer type High-end, Mid-end ataukah Low-End. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan type tersebut dapat kalian baca di Cara Membedakan Komputer Kelas High-end, Mid-end, dan Low-end. Setelah kalian mendapatkan komputer apa yang kalian inginkan lanjut ke tahap selanjunya.

Tahap selanjutnya merumuskan type dari masing-masing perangkat / bagian pengisi CPU seperti prosseor, motherboard, dan lainnya.

1.      1.Motherboard
Ini bagian pertama yang harus kalian perhatikan, karena meski perangkat kalian yang lain memiliki spesifikasi yang tinggi, akan  motherboard tidak mendukung berarti sama saja gak akan efektif. Motherboard inilah tempat menancapkan komponen pendukung CPU. Tips nya dalam memilih, missal kalian ingin komputer type High-End maka kalian harus cari motherboard yang benar-benar untuk kelas High-End. Untuk mendapatkan motherboard yang high-end tentunya dengan harga yang mahal pula. Cobalah kalian cari produsen yang membuat motherboard khusus game. Karena biasannya komputer type gaming memiliki spek komputer kelas high-end. So, cobalah kalian pertimbangkan dengan keunggulannya dan tentunya budget kalian.

2.     2. Prosessor
Prosesor atau kita sebut otak cerdas dalam komputer. Tentunya ini juga harus dipertimbangkan matang-matang. Karena komponen ini bisa dikatakan bagian vital di komputer. Tips saya carilah prosessor yang sesuai dengan type komputer yang diinginkan. Untuk lebih maksimal, sesuaikan dengan motherboard.

3.   3. Ketiga adalah RAM, RAM ini digunakan untuk memberi tampilan atau performa grapich yang bagus. Pilih RAM dengan socket yang sama dengan motherboard. Bila sudah ada RAM dan ingin menambah RAM, diusahakan type dan merknya sama dengan RAM yang pertama. Karena ketidaksesuaian type RAM dapat mengakibatkan RAM tidak bekerja secara maksimal. Jadi usahakan sama. Saran saya RAM untuk kelas high-end biasanya lebih dari 4Gb. Mid-end cukup 1-4 Gb. Low-end boleh kurang.

4.   4. PSU bagian terpenting selanjutnya. PSU ini bagian yang mengalirkan daya listrik. PSU yang baik haruslah mempunyai pengeluaran daya sebesar 80+ dari daya inputnya, dan sedikit mengeluarkan panas. PSU yang bagus biasanya berat dan mahal, sedangkan yang abal-abal harganya murah dan ringan. Intinnya semakin sedikit panas yang dikeluarkan maka PSU semakin baik.


5.      5. VGA card
Cari yang mendukung direct 11/12 jika ingin komputer yang high-end atau bisa kalian cari yang versi terbaru. Kemudian saran saya cari bit minimal 128bit untuk spek game, recommended yang 256bit. Setelah itu lihat DDR pada VGA minimal DDR3, recommended DDR5. Lalu cari flop, shader, bandwitch, texture dan pixel yang banyak. Carilah VGA yang memilki kecepatan tinggi, agar GPU dapat memperoleh clock yang tinggi.

6.     6. HDD
Cari HDD yang memiliki RPM 7200 / lebih. RPM adalah putaran lempengan. Semakin cepat RPM maka semakin baik dalam performanya. Saran kalau bisa cari yang SDD, lebih bagus untuk gaming.

7. 7. Chasing. Untuk chasing sebaiknya cari terbuat dari plastic atau aluminium. Agar tidak menghantarkan listrik. Terkadang inilah yang menyebabkan terjadi konsleting listrik, dan juga bisa bikin nyetrum kayak punya CPU saya kalau dipegang nyetrum.hehe…

8.  8. Cooler/pendingin, fungsinya sebagai pendingin agar komputer tidak cepat panas. Untuk cooler sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam memilih alias bebas. Tapi saya menyarankan pasanglah minimal 2 dengan ukuran kipas yang besar.

Itulah beberapa pertimbangan jika kalian ingin merakit komputer sesuai keinginan, dan pastinya sesuaikan dengan kantong juga. Karena yang bagus selalu lebih baik dari segi manapun. Salam Teknologi!!!

No comments:

Post a Comment