Tuesday 11 April 2017

TIPS MUDAH MEMBERSIHKAN LAYAR KOMPUTER LAPTOP

Selamat datang di Ph-Bay. Lagi, lagi, dan lagi membahas seputar komputer, karena memang tidak akan pernah ada habisnya. Di era teknologi ini memang kita tidak bisa jauh dari yang namanya mesin modern ini.

Semua informasi dunia maya bisa kita akses dengan komputer/PC. Tapi tahukah anda bahwa barang elektronik adalah barang yang rentan rusak. Banyak faktor penyebab kerusakannya, seperti termakan usia alias udah lama, tegangan listrik yang tidak sesuai, terlalu lama dinyalakan, virus, bahkan hal sepele seperti debu dapat menyebakan kerusakan karena kotor.

Kenapa debu???



Debu adalah barang yang kasat mata atau tipis, bahkan ukurannya hampir seperti atom. Banyak dari kita menganggap sepele masalah debu ini. Khususnya dalam perawatan barang elektronik.


Berdasarkan hasil survey saya sendiri dari teman-teman yang meminta saya memperbaiki laptop. Saya menemukan hipotesis bahwa penyebab seringnya barang elektronik rusak adalah debu yang menempel pada hardware. Bahkan saya pernah menemukan debu yang menumpuk hingga setebal 1mm pada sela-sela layar LCD laptop. Pernah juga saya temukan debu pada kipas VGA bagian dalam laptop tersebut.

Debu yang menumpuk ini dapat mengakibatkan konsleting. Jangan berpikir hanya air yang dapat menyebakan konsleting. Jadi hati-hatilah dengan masalah debu ini.

Nah kali ini saya ingin berbagi tips cara membersihkan debu pada layar LCD komputer/laptop.

Siapkan alat-alatnya seperti cairan pembersih LCD, kapas/tisu.

Pertama, semprot layar dengan cairan pembersih LCD. Semprot dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Kira-kira 15-20 cm.
Disini saya tekankan bila cairan yang disemprotkan menghasilkan embun, maka kalian bisa langsung semprotkan pada layar.

Akan tetapi bila setelah disemprotkan malah membentuk air, sebaiknya jangan langsung disemprotkan ke layar. Tetapi semprotkan dulu pada kapas/tisu kering.

Hal ini dilakukan untuk mencegah konsleting akibat air.

Tips 1 : “Jangan langsung mengusap layar dengan kapas/tisu agar tidak menimbulkan goresan pada layar.”


Kedua, usap layar yang sudah disemprot cairan pembersih dengan kapas atau tisu kering.
Usap layar satu arah saja. Misalkan dari atas ke bawah, kiri ke kanan, atau sebaliknya yang penting satu arah. Ini untuk mencegah goresan pada layar karena mengusap tidak beraturan.

Tips 2 : “Saya sarankan dalam mengusap layar usahakan satu arah.”


Usahakan jangan sampai ada air yang masuk ke sela-sela layar.


Ketiga, keringkan layar dengan kapas/tisu kering.
Setelah kiranya layar sudah diusap merata, maka lakukan pengeringan dengan menggunakan kapas/tisu lain yang kering dan bersih. Usahakan juga mengusap satu arah sesuai dengan usapan pertama tadi.

Lakukan hingga kering sempurna agar tidak menimbulkan bintik putih seperti jamur.

Tips 3 : “Jangan menekan layar terlau keras saat mengusap agar tidak pecah atau merusak bagian dalam layar”


Nah seperti itulah cara membersihkan layar pada komputer/laptop. Cara ini bisa dilakukan 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali atau mungkin saat sekiranya layar terlihat kotor.

Penggunaan cairan pembersih layar ini hanya untuk layar saja. Jangan gunakan untuk komponen hardware lain.

Bila ingin membersihkan bagian lain pada komputer/ laptop, sebaiknya gunakan kapas/tisu kering saja. Jika ada bagian yang tidak bisa dibersihkan dengan tisu, seperti lupang yang kecil, bisa gunakan katenbad.

Jangan pernah membersihkan dengan jarum atau semacamnya jika didapat lubang yang ukuranya sangat kecil.

Cara lain bisa gunakan semprotan angin. Jangan semprot dengan tegangan tinggi, ini dapat menyebabkan blow up atau rusak.

Tips 4 : “Gunakan semprotan angin. Semprot dengan jarak yang tidak terlalu dekat.”


Demikian bebarapa tips yang bisa digunakan untuk membersihkan layar pada komputer atau laptop. Rawatlah barang kalian sebaik mungkin. Mencegah lebih baik dari pada memperbaiki setelah rusak. Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat. 

1 comment: