Monday 17 April 2017

MANAKAH YANG UTAMA, KAMERA ATAU SPESIFIKASI HP? | Cerdas Dalam Memilih Smartphone

Ini mungkin pertanyaan yang sering kita lontarkan khususnya pada saat ingin membeli HP baru atau second. Masalah ini memang sepele tapi kadang membuat bingung seseorang.

Lalu manakah yang harus diutamakan???

Saya sendiri bisa katakan bahwa masalah ini relatif. Atau bisa saya katakan tergantung dari sisi kebutuhan orang tersebut.

Gak usah bingung, pilihlah dengan bijak. OK!!!


Ada yang ingin membeli HP karena tertarik dengan kameranya. Kualitas kamera yang ditawarkan oleh produsen memang beragam. Apalagi di Indonesia tingkat penggunaan media social memang tinggi.

Instagram salah satunya. Medsos  yang saat ini sedang ngetren dikalangan anak muda memang menjadi ladang berkah bagi produsen yang ingin meningkatkan penjualan produknya. Masyarakat yang cenderung konsumtif dengan kegiatan poto selfi sedang benar-benar menjamur. Ribuan tempat wisata menjadi sasaran para kaum muda sebagai tempat kunjungan setiap hari.

Untuk mengabadikan setiap momentnya perlu adanya bantuan kamera, Paling mudah adalah dengan meggunakan kamera HP.

Kenapa/Why?


Kemudahan kamera HP yang dapat digunakan dimana saja, dan berfungsi ganda sebagai alat komunikasi, membuat HP menjadi pilihan tepat dalam era modern saat ini.


Kok hasil kamera antara HP yang lain berbeda ??? Apa yang membedakan !?

Ribuan bahkan jutaan poto dan video selalu di upload dalam media social. Kualitasnya beragam seperti kualitas HD untuk image poto, dan ada juga 3gp, MKV, mp4, HDTV, Blue-ray untuk kualitas video. Semua itu dihasilkan oleh sebuah kamera.

Lalu kamera seperti apa yang bagus untuk mengabadikan moment tersebut?


Jawabnya kamera digital. Gambar dan poto yang sering kita lihat adalah gambar 3D. Dalam HP, ukuran kamera atau kemampuan kamera dalam menangkap gambar sering kita sebut dengan Mega Pixel atau disingkat MP.

Pasti kalian pernah melihat dalam kardus HP yang dituliskan bahwa kamera depan sebesar 5MP dan kamera belakang 8MP. Bagi yang sudah paham betul dengan kamera pastinya sudah tidak asing dengan ukuran-ukuran tersebut.


Kedua kamera depan belakang di atas memang berbeda. Mana yang bagus???


Tentunya kamera dengan ukuran 8MP lebih bagus dari pada 5MP. Artinya tingkat ukuran pixel yang bisa ditangkap lebih besar. Kejernihan atau kejelasan gambar saat diambil akan jauh lebih jelas dengan kamera yang memiliki ukuran Mega Pixel besar.

Saat ini produsen Handphone juga sudah ada yang memberikan fitur kamera dengan ukuran 14MP ke atas. Walaupun sebenarnya fungsi utama handphone tidak hanya pada kameranya saja.

Perlu diperhatikan juga fitur dalam Handphone tersebut. Disini fitur yang saya maksud lebih mengarah ke spesifikasi Handphone tersebut.


Apa gunanya kamera bagus kalau spesifikasi HPnya biasa!?

Yang sering saya jumpai saat mencari HP adalah kualitas Kamera dan Spesifikasi selalu berbanding terbalik atau tidak sama. Terkadang fitur kamera yang disediakan bagus, akan tetapi spesifikasi HP yang bisa dikatakan menengah. Atau mungkin juga sebaliknya.

Bila ingin kualitas kamera dan spesifikasi yang sama-sama bagus memang terkadang harus mengeluarkan budget yang lebih mahal.


Bingung pilih mana?


Kembali ke kebutuhan anda. Seorang yang suka mengabadikan momentnya dengan poto atau seorang vlogger yang berkecimpung di dunia video grafis, tentunya akan lebih mengutamakan kualitas kamera, sebab akan sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan mereka.


Bagaimana dengan anda? Sudahkah memutuskan?
Jika belum, simak penjelasan dibawah.

Walaupun penggunaan HP bisa dialihkan ke kamera khusus yang bukan HP, seperti kamera digital atau kamera DSLR. Tetapi pasti akan sangat merepotkan dan tidak praktis tentunya, karena kita harus selalu membawa kamera kemana-mana.


Hmmm.. Atau pilih spesifik aja!?

Yups! Bila kita tidak terlalu aktif atau disibukkan di media social atau pergi jalan-jalan dan mengabadikan moment kita. Sebaiknya pilih HP dengan kamera yang biasa saja. Kenapa??? Karena kualitas kamera tentunya akan menambah harga budget yang harus dikeluarakan.


Kebutuhan memang selalu mengacu pada penggunanya. Tidak dipungkiri nilai kualitas memang dihubungkan erat dengan harga.

Sebagai bahan pertimbangan juga, semakin hari semakin banyak inovasi yang hadir. Kualitas yang lama akan tergantikan oleh yang baru. Sama halnya dengan handphone. Hari ini akan rilis sebuah smartphone dengan inovasi baru, dan seiring berjalannya waktu pasti akan muncul lagi produk yang menyediakan fitur yang lebih canggih lagi.

Hayooo… Tambah bingungkan!?


Sebenarnya semua smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal bagaimana cara kita memanfaatkannya.

Jadi dari ulasan saya di atas, dapat saya sarankan. Carilah Handphone/Smartphone sesuai kebutuhan. Ada harga ada juga kualitas. Tentunya kalian tidak mau kan HP bagus tapi kalian tidak bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin kan. Sayang diongkos. Hehe… Tapi semuanya tergatung anda, karena membeli barang yang baik dengan kualitas baik tentunya tidak akan mengecewakan.


Semoga dengan ulasan tentang kamera dan spesifikasi HP dalam artikel ini dapat memberikan pencerahan sedikit dalam menentukan pilihan. Terima kasih sudah berkunjung di Ph-Bay, dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment