Thursday 7 April 2016

CARA MENGATASI RENDER-BLOCKING JAVASCRIPT UNTUK MENINGKATKAN SPEED SEO

Render-Blocking javascript adalah kode javascipt yang terpasang saat memasang widget atau pengaturan lainnya di template. Biasannya render ini berada di kode yang memiliki akhiran .js. Secara kasat mata tidak ada yang aneh dengan kode ini, tapi taukah anda berdasarkan google analytic ternyata ini mempengaruhi kecepatan load dalam blog atau website kita. Sehingga SEO menjadi lebih lama dalam mencari keyword kita.

Awalnya saya juga gak peduli dengan masalah ini, yang penting blog PiBay lancer dan gak error. Tetapi iseng-iseng saya coba mengikuti saran Google Analytic ternyata berhasil menambah speed blog saya. Pengunjung jadi nambah, load page pun jd lumayan cepet.
Kalau kalian mencoba ya silahkan, sebenarnya ini tergantung dari kalian sendiri apakah ingin tetap dengan load speed blog kalian sekarang atau mengikuti saran Google Analytic. Soalnya ini berpengaruh dengan SEO kalian, toh ini juga saran dari fitur google.hehe.. Jika kalian berminat silahkan ikuti tutorial dari PiBay dibawah ini.

Kode script biasanya diatas kode </head>. Carilah kode JavaScriptnya dari template yang semula :

<script type="text/javascript" src="kode.js"></script>

Setelah ketemu kode .js tersebut maka ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini :

<script type='text/javascript'>
/* contents of JavaScript file */
</script>

Untuk memudahkan mencari kode javascript dapat kalian gunakan Ctrl + F, kemudian ketik “.js”. nanti akan mengarahkan ke seluruh kode yang memiliki javascript. Kode .js biasanya dimulai dari “http:// ……… .js


Contoh : saya menemukan kode javascript dari template saya.

Dari kode .js tersebut yang berada di template yang saya pakai kemudian saya ganti dengan kode tersebut menjadi seperti dibawah ini :



<script type='text/javascript'>
/*! jQuery v1.10.2 | (c) 2005, 2013 jQuery Foundation, Inc. | jquery.org/license
//@ sourceMappingURL=jquery.min.map
*/(function(e,t){var n,r,i=typeof t,o=e.location,a=e.document,s=a.documentElement,l=e.jQuery,u=e.$,c
</script>


Kode .js dapat diperoleh dengan mepastekan kode tersebut ke dalam tab browser kalian. Nah kode yang panjang dari atas tersebut adalah isi dari javascript tersebut. Setelah itu save template jika sudah selesai. Lalu kalian dapat mengecek di google analitic perubahan yang terjadi pada behavior, speed suggestion.
Itulah cara mengatasi render speed blog kalian semoga kali ini blog kalian menjadi lebih cepat dari yang sebelumnya.

No comments:

Post a Comment