Tuesday 14 March 2017

Belajar PHP Bag 4 : Belajar fungsi var_dump pada PHP

Sesi kali ini kita akan mencoba mengecek type data yang ada pada sebuah variabel dengan fungsi php yang namanya var_dump. Ada beberapa fungsi yang dapat kita gunakan untuk melihat data. Seperti gettype, isset, empty, is_null, is_string, is_numeric, is_int, is_float, dan is_bool.

Penjelasan dari masing-masing fungsi tersebut yaitu :

1.      Gettype
Fungsinya menampilkan type data pada variabel.
2.      Isset
Untuk mengecek apakah suatu nilai variabel itu disetting atau tidak.
3.      Empty
Untuk mengecek apakah variabel tersebut empty (kosong) atau tidak.
4.      Is_null
Untuk mengecek apakah data dalam variabel adalah null.
5.      Is_string
Untuk menegecek apakah data itu bersifat string atau tidak.
6.      Is_numeric
Untuk menegecek apakah data itu bersifat numerik atau tidak.
7.      Is_int
Untuk menegecek apakah data itu bersifat interger atau tidak.
8.      Is_float
Untuk menegecek apakah data itu bersifat float atau tidak.
9.      Is_bool
10.  Untuk menegecek apakah data itu bersifat bolean atau tidak.


Sebagai contoh saya sudah membuat script yang sudah saya buat agar memudahkan kalian dalam pemahaman. Silahkan download script php nya disiniatau disini.

Sebelum saya jelaskan kode-kode tersebut, coba kalian jalankan terlebih dahulu script tersebut di web browser. Perhatikan perbedaannya, sudah saya sediakan 3 contoh yang hasilnya berbeda di browser. Pertama saya akan jelaskan contoh pertama dulu.




















Dalam script contoh pertama saya menuliskan variabel $nama_lengkap = “Muhammad Farid”. Dan fungsi-fungsi dibawahnya adalah fungsi yang sudah saya jelaskan diatas.
Pada tampilan pertama var_dump menampilkan tipe sata String. Artinya nama variabel diatas yaitu Muhammad Farid jenisnya String. Ini berlaku juga untuk opsi nama yang lain.
Set apakah data di set atau tidak jawabnya ya. Empty jawabnya tidak karena data tidak kosong. Null jawabnya tidak karena data juga tidak bersifat null. Lalu string, karena tipe datanya berupa karakter maka jawabnya ya. Numeric dan interger jawabnya tidak karena data tidak berupa angka. Float dan Boolean juga tidak karena tidak bersifat keduannya.

Lalu coba bandingkan dengan contoh kedua ini.


















Dalam contoh kedua tidak ada perbedaan walaupun pada awal variabel terdapat angka. Jadi system membacanya tipe string walaupun pada variabel terdapat angka.

Lalu bagaiaman jika variabel berisi angka?

Perhatikan contoh ketiga ini.


 
















Pada contoh diatas nilai variabelnya berbentuk angka. Maka tipe data diatas bisa dikatakan numeric atau interger. Sedangkan pada string tidak. Untuk jenis data yang lain tidak. Nah seperti itu cara mengetahui nilai tipe data pada suatu variabel. Dalam hal ini kita juga dapat menset data tersebut. Misalkan dari data yang bersifat string, lalu kita ingin rubah data tersebut ke dalam data interger. Maka kita hanya perlu menambah code
           
settype($variabel, "int");

Script diatas otomatis akan merubah tipe data ke dalam interger. Lihat contoh keempat.





















Nah cara ini juga berlaku untuk merubah tipe data ke jenis lain seperti float atau bool. Caranya sama tinggal kalian ganti nilai int ke dalam salah satu sifat data itu. Yang kita bahas ini hanya selingan tentang membaca atau cara mengetahui tipe data dalam sebuah variabel. Semoga artikel ini bisa membantu kita dalam pemahaman tentang tipe data. Baca juga artikel Belajar PHP Bab 5 : Penggunaan echo, print, print_r dalam PHP

No comments:

Post a Comment