Monday 27 March 2017

CARA MERUBAH BACKGROUND NOTEPAD++



Artikel saya kali ini akan membahas bagaimana cara merubah background notepad++. Secara umum tampilan default notepad++ adalah berwana putih. Tapi dengan warna yang cerah terkadang membuat mata cepat merasa pedas dan lelah, tetapi ada juga yang tidak. Bagi mereka yang memiliki aktifitas di depan layar kaca komputer yang lama pastinya ini akan terasa terganggu dengan keadaan ini. Bahkan menatap layar komputer terlalu lama dengan cahaya kontras yang terang dapat menyebabbkan mata iritasi. Bahkan saya pernah hingga mata keluar air mata tanpa sengaja. Jika ini terjadi pastinya akan  sangat merepotkan.


Seorang editor web atau semacamnya, pasti tidak akan jauh dari aplikasi yang satu ini. Notepad++ adalah aplikasi editor yang cukup popular dikalangan web programmer. Kenapa saya membahahas ini??? Karena saya juga membutuhkan aplikasi ini untuk mengerjakan pekerjaan web saya. Aplikasi ini juga sangat saya anjurkan buat kalian yang sedang belajar bahasa pemrograman. Agar kalian tidak bosan dengan tampilan defaultnya bisa kalian rubah sendiri warnanya sesuai keinginan kalian.

Setelah saya cari-cari menu pada notepad++ akhirnya saya menemukan menu untuk merubah backgroundnya. Sebelum itu kalian bisa download aplikasi notepad++ disini atau disini.

Langkahnya sebagai berikut :
-     1. Cari menu Settings lalu pilih Style Configurator.
-     2. Didalam Style Configurator sudah ada beberapa tema yang bisa kalian pilih. Secara umum tema awal notepad++ adalah Default (stylers.xml) . Maka bila ingin mencari tema baru tinggal dipilih saja.
-    3. Select Theme dan drop down, lalu akan muncul macam-macam theme yang sudah disediakan. Saya menggunakan tema Vibrant Ink yang cenderung agak gelap dan tidak terlalu terang. Atau kalian juga bisa gunakan tema Deep Black yang tampilannya juga gelap tidak terang. Tergantung selera jika menggunakan tema karena masih ada banyak lagi selain kedua tema itu.




Disamping itu kalian juga merubah style tema itu sendiri. Notepad++ juga memberikan pilihan untuk merubah warna dalam penulisan ukuran font, dan lainnya. Pada menu Language kalian bisa pilih bahasa yang digunakan dengan Style yang ada disampingkan yang bisa kalian rubah sendiri. Secara default tampilan yang biasa adalah Global Styles yang menampilkan keseluruhan penulisan. Sekedar info saja dalam penulisan bahasa pemrograman default penulisan bahasa pemrograman biasanya menggunakan font Courier New. Jadi bila kalian mendownload theme atau plugin dari internet biasanya tulisannya adalah Courier New. Saya masih belum tahu secara benar apa alasan pemilihan font ini, mungkin agar membedakan mana visual programing dengan visual biasa yang sering kita jumpai.

Jadi saran saya jika ingin menggunakan tampilan yang biasa dan gak neko-neko mending tidak usah merubah style pada menu Language. Aktifkan secara default dan pilih Save & Close untuk menerapkan tema.


Sekian artikel kali ini tentang Cara Merubah Warna Background Pada Notepad++. Baca juga menu-menu pada Notepad++ dan fungsinya.

No comments:

Post a Comment